IBADAH MINGGU ADVENT IV, 20 DESEMBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Advent IV, 20 Desember 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan Mikha 5:1-14 “Raja Mesias dan penyelamatan Israel”
Pelayan Firman Pnt.D.Buinei

Kitab Mikha di tulis oleh nabi Mikha yang berasal dari Moresyet-Gad dan juga hidup sejaman dengan nabi Yesaya, serta kitab Mikha masuk dalam enam kumpulan kitab nabi-nabi kecil dalam kumpulan kitab pada Alkitab.

Masa kenabian Mikha sangat memperhatikan masyarakat kecil,  khususnya tentang penindasan dan ketidakadilan yang di rasakan oleh umat Yehuda saat itu.

Mikha juga meramalkan tentang kedatangan Raja Mesias sebagaimana termuat dalam Mikha 5:1 “Tetapi engkau hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil diantara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintahkan Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

Mikha meramalkan bahwa Raja Mesias akan datang dan lahir di Betlehem Efrata-Yerusalem tempat kelahiran raja Daud dan akan memberikan kelepasan kepada umat Israel dan seluruh dunia bahwa kerajaan-Nya akan sampai di ujung bumi dan tidak akan binasa, menunjukan pekerjaan Allah yang sempurna dalam diri-Nya serta memerintah dengan adil.

Seorang nabi akan di akui kenabiannya apabilah yang di ramalkan atau di sampaikan terjadi tepat seperti yang telah di katakan.

Mikha menuliskan Firman Tuhan ini untuk menegaskan dan menghibur umat Yehuda yang tersisa dan masi hidup di Yerusalem saat itu serta hidup dalam kebimbangan dan keputusasaan oleh karena ketidakadilan dan kekejaman yang justru dilakukan oleh saudara-saudara mereka sendiri.

Sebagimana kehidupan kita saat ini, bahwa kadangkala kita berlaku tidak adil dalam kehidupan ini terhadap saudara-saudara kita, bahwa kita selalu mementingkan diri sendiri dan sikap egoisme, kita tidak mau menghiraukan apa yang terjadi di lingkungan kita, bahwa banyak saudara-saudara kita yang merasa teraibaikan dan tersisi hingga mereka menjauh dari pada persekutuan ibadah. 
Tugas kita adalah mengajak mereka untuk kembali bersekutu bersama-sama kepada Tuhan, agar di hari Natal nanti semua kita merasa di berkati karena Raja Mesias datang untuk menyelamatkan semua umat manusia dan siapa yang percaya kepada-Nya akan menerima keselamatan yang abadi, sebab kerajaan-Nya untuk selama-lamanya.

Saat ini kita telah berada pada minggu advent ke IV atau masa penantian terakhir menjelang perayaan hari Natal, sebagai umat percaya marilah kita menyiapkan hati dan pikiran kita buat menerima kelahiran Raja Mesias - Putra Allah, penyelamat seluruh umat manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016