Minggu, 13 Desember 2015

IBADAH MINGGU ADVENT III, 13 DESEMBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Advent III, 13 Desember 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan Zefanya 3:9-20 “Janji keselamatan”
Pelayan Firman Pdt.F.Samsanoy,S.Th

Sebagai manusia jika kita di berikan suatu janji yang penuh kebahagiaan maka kita akan merasa suka cita, demikian juga dengan kehidupan umat Israel dalam pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa karena kesalahan dan pemberontakan mereka dengan beribadah kepada allah lain, maka Tuhan menghukum mereka dan di angkut sebagai tawanan oleh raja Babel.

Umat Israel adalah bangsa pilihan Tuhan dan mereka hidup dengan berkelimpahan karena berkat dan penyertahanan Tuhan melebihi bangsa lain di dunia ini. Tetapi ketika mereka telah menjadi makmur dan hidup dengan berkelimpahan justru mereka menjadi lupa diri bahwa semua yang mereka dapatkan semata-mata merupakan kasih dan anugera dari Tuhan karena sumpah dan janji-Nya kepada Abraham, Isak dan Yakub  bapak leluhur mereka. 
Mereka telah beribadah kepada allah lain yang tidak mereka kenal sebelumnya, mengakibatkan mereka harus menanggung konsekwensi perbuatan mereka dengan di tawan oleh raja Babel.

Allah dalam kemahadasyatan-Nya akan meninggalkan sedikit dari umat Israel karena kasih-Nya yakni mereka yang hidup dengan tidak bercelah dan melakukan perintah dan hukum-hukum-Nya di dalam kehidupan mereka dan Ia berjanji akan memberikan keselamatan kepada umat yang setia tersebut di Yerusalem.
(Band Ayat 12 “Diantaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama Tuhan”)

Demikian juga dengan kehidupan kita di masa ini, kadang kala kita hidup seperti umat Israel di masa lalu, ketika hidup kita pas-pasan kita selalu aktif mencari Tuhan, tetapi ketika kita sudah di berkati dan hidup berkelimpahan, justru yang terjadi mala sebaliknya kita semakin menjauh dari Tuhan dan pasif mencari Dia.
                                                                                 
Dengan memasuki masa advent ke III marilah sebagai umat yang percaya kita mengintropeksi diri  akan sikap, tingkalaku dan perbuatan kita dalam mencari Tuhan, serta memohon ampun akan setiap salah dan dosa yang telah kita lakukan, agar ketika kita merayakan Natal pada 25 desember 2015, tidak ada hal yang mengganjal dalam hati dan pikiran kita.

Kita adalah umat yang di biarkan Tuhan untuk menerima janji keselamatan di dalam Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamat kita sebagaimana pembacaan firman Tuhan pada saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar