Jumat, 25 Desember 2015

IBADAH NATAL KE-1, 25 DESEMBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Natal ke-1, 25 Desember 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan Lukas 2:1-7 “Kelahiran Yesus”
Pelayan Firman Pdt.F.Samsanoy,S.Th

Injil lukas menceritakan bahwa saat Kaisar Agustus berkuasa maka di keluarkan perintah untuk di lakukan pendataan atau sensus bagi setiap orang dan saat itu Kirenius yang menjadi Wali Negeri di Yordania. Perintah ini mengharuskan semua orang harus kembali ke tempat kelahirannya untuk di data termasuk juga Yusuf dan tunangannya Maria yang berasal dari Betlehem Efrata karena mereka adalah keturunan raja Daud.

Dan ketika mereka telah berada di Betlehem tibahlah waktunya bagi Maria untuk bersalin anaknya yang sulung yang di kandung dari Roh Kudus, serta karena tidak adanya tempat penginapan karena telah penuh mengharuskan Maria harus bersalin di kandang domba dan menaruh bayi Yesus dalam palungan atau tempat makan domba.

Yesus putra Allah harus lahir di kandang domba dan bukan di istana seperti kebiasaan para pembesar atau raja-raja di dunia ini, Dia rela lahir di tempat yang sederhana atau mungkin menurut kita sangat hina. Hal ini sekaligus memberikan gambaran kepada kita bahwa tidak tersedianya tempat penginapan di Yerusalem saat itu menunjukan kecenderungan hati manusia yang selalu penuh dan sesak akan berbagai kesenangan duniawi dan tidak menyisahkan tempat bagi Sang Juruselamat untuk lahir dan masuk ke dalam kehidupan kita.
Lewat cerita natal yang di kisahkan oleh Lukas, kita dapat mempelajari tentang kesederhanaan Yesus anak Allah yang walaupun sehakekat dengan Allah namun relah mengambil wujud sebagai manusia dan lahir di kandang yang hina oleh karena cinta dan kasihNya kepada manusia.

Natal menjadi moment bagi kita untuk mengintropeksi diri apakah kita sudah sungguh-sungguh menerima Yesus lahir dan masuk dalam hidup kita ? Lewat perbuatan, perkataan dan tindakan kita seharusnya kita menunjukan kesederhanaan dan cinta kasih kepada Allah dan sesama kita sebagaimana di tunjukan oleh Tuhan Yesus.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh Vg. Siloam

SEMOGA DAMAI DAN KASIH ALLAH MELALUI NATAL SENANTIASA HADIR DI HATI DAN HIDUP KITA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar