Minggu, 17 Desember 2017

IBADAH MINGGU ADVENT 3 DAN PERJAMUAN KUDUS, MINGGU 17 DESEMBER 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Advent 3 dan Perjamuan Kudus, Minggu 17 Desember 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire dipimpin oleh Pdt. F. Samsanoy,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Mika 7:7-13 “Pengharapan baru bagi Sion”

(Baca ayat 7: Tetapi aku ini akan menunggu-nunggu Tuhan, akan mengaharapkan Allah yang menyelamatkan aku; Allahku akan mendengarkan aku!”)

Membuka kotbahnya Pdt. F. Samsanoy mengatakan bahwa dari judul pembacaan firman Tuhan saat ini yakni “Pengharapan baru bagi Sion” akan membuat kita semua bertanya-tanya kenapa umat Israel memiliki suatu pengharapan baru bagi Sion dan hal tersebut terjadi karena ada penyebabnya yang membuat mereka terus berada dalam situasi berharap ialah karena mereka telah mengalami kemerosotan akhlak, moral atau sifat dan tingkalaku yang jauh dari Tuhan.

Kemerosotan akhlak dan moral tersebut telah membuat umat Israel hidup tidak setia kepada Allah (Red Yahwe) mereka yang telah membawa keluar mereka dari tanah perbudakan di Mesir dan sebagai konsekwensinya Allah membiarkan mereka dijajah bahkan ditawan oleh bangsa-bangsa lainnya yang lebih kuat dari mereka sehingga mereka hidup dalam penderitaan, kemalangan dan kemelaratan bahkan keputusasaan berkepanjangan.

Nabi Mika memiliki latar belakang dari orang-orang yang hidup dalam kemisikinan dan penderitaan tetapi dia dipakai oleh Tuhan untuk menyampaikan pesan firman-Nya kepada bangsa Israel yang saat itu mengalami kemerosotan akhlak dan moral bahwa mereka harus menyadari diri dan melepaskan kehidupan mereka yang salah dan meninggalkan segalah kejahatan yang telah dilakukan kepada Allah dan membangun persekutuan yang baik dan berbuat baik sebagaimana yang diinginkan oleh Allah, maka Dia akan mengampuni dosa dan kesalahan serta memulihkan keadaan mereka dan juga memberkati mereka.

Saat ini kita telah berada pada minggu advent 3, minggu penantian menuju masa raya Natal atau kelahiran Sang Juruselamat kita Yesus Kristus yang di utus oleh Bapa di sorga untuk menebus dosa dan kesalahan kita dan melayakkan kita untuk mendapat pengampunan dan kasih karunia Allah agar kita tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal di sorga. Oleh sebab itu kita harus menjaga kesucian diri dan hati kita dengan menjauhkan semua perbuatan tercelah yang dilarang oleh Tuhan agar kita layak menerima kelahiran Dia yang kudus didalam hati kita.

Yesus datang untuk mencari yang terhilang dan berputus asa agar ada pengharapan bahwa siapa yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa tetapi akan beroleh hidup yang kekal di sorga.

Pada ibadah minggu advent 3 ini juga dilaksanakan pejamuan kudus bagi warga jemaat GKI Siloam Sanoba untuk menyiapkan diri memasuki masa raya natal 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar